Daftar Isi

Email yang digunakan Dosen sebagai username untuk akses SISTER (versi Cloud) dapat diubah. Alur perubahan email SISTER Dosen tersebut dibagi menjadi dua cara sesuai kondisi berikut:

  • Dosen Tidak Bisa Login
  • Dosen Bisa Login

Berikut langkah-langkah mengubah email sesuai dengan 2 (dua) kondisi di atas:

 

Dosen Tidak Bisa Login

Jika kondisinya Dosen tidak bisa login ke SISTER karena email sudah tidak aktif, email tidak bisa diakses atau lupa alamat email, Dosen dapat mengajukan perubahan email ke Admin PT. Fitur untuk mengubah email Dosen sudah bisa diakses Admin PT mulai 13 November 2023 melalui Manajemen Akses.

Silakan lakukan langkah berikut:

1. Dosen menghubungi Admin PT SISTER di perguruan tinggi Dosen untuk mengajukan perubahan email untuk login SISTER.

2. Admin PT membuka Manajemen Akses pada tautan berikut: https://akses.kemdikbud.go.id/auth/login. Silakan login menggunakan email dan password yang sama dengan akun SISTER Admin PT.

Man akses login.png

3. Klik menu “Pengguna”.

menu pengguna.png

4. Klik “Edit” pada nama Dosen yang akan diubah datanya.

edit data 2.png

5. Silakan isi email baru Dosen pada kolom “Email”. Selain mengubah Email, Admin PT juga dapat mengubah Wilayah dan No. HP Dosen.

6. Setelah mengubah Email Dosen, silakan klik “Submit”.

email edit pengguna.png

7. Jika sudah yakin untuk mengubah email Dosen terkait, silakan klik “Edit”.

edit info pengguna.png

8. Dosen akan mendapatkan pesan di kotak masuk email yang baru diperbarui. Pesan tersebut berisi informasi perubahan email lama dan email baru Dosen.

email pengguna.png

 

9. Kemudian Dosen dapat login ke SISTER menggunakan email baru. Namun apabila Dosen lupa password, silakan lakukan reset password dengan mengikuti panduan pada artikel berikut:

Panduan jika Lupa Kata Sandi di SISTER (Versi Cloud)

test line.png

Dosen Sudah Bisa Login

Apabila Anda sudah bisa login, Anda dapat mengubah email Anda secara mandiri melalui akun SISTER Anda dengan cara berikut:

1. Masuk ke https://sister.kemdikbud.go.id 

2. Klik  "Pengaturan".

Button Pengaturan.png

 

3. Pilih "Ubah Username".

 

4. Kemudian lengkapi kolom berikut:

  • Username Baru
    Masukkan email baru Anda pada kolom ini.
  • Konfirmasi Username Baru
    Ketik kembali email baru Anda.
  • Password Akun Saat Ini
    Ketik password akun SISTER (versi Cloud) Anda saat ini.

Jika sudah melengkapi data di atas, klik “Simpan”.

5. Anda akan menerima email aktivasi ke email baru, mohon untuk klik link aktivasi untuk mengaktifkan akun SISTER Anda kembali.

 

Informasi Penting:

Sebelum mengganti email atau username, mohon pastikan alamat email untuk username baru sudah benar dan Anda dapat login ke email tersebut.

test line.png

FAQ

  • Apakah ketentuan mengubah email di atas berlaku untuk semua tipe Perguruan Tinggi?
    Iya, panduan mengubah email di atas berlaku untuk semua Perguruan Tinggi termasuk PTN, PTS, PTA dan PTKL.
  • Jika email Dosen sudah berhasil diubah, apakah data Dosen yang ada di SISTER akan hilang?
    Tidak, data Dosen akan tetap ada karena yang berubah hanya alamat email saja.
  • Apakah Admin PT dapat mengubah nama pengguna (username) Dosen?
    Tidak bisa, pengajuan perubahan nama pengguna harus dilakukan oleh Dosen melalui alur Perubahan Data Dosen (PDD). Selengkapnya silakan klik di sini.
Previous
Next
22057910446745

Comments

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk