Catatan: Semua data yang ditampilkan pada panduan ini bukanlah data asli. Data yang ditampilkan hanya data contoh.
Apabila rincian data nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, atau jenis kelamin yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di SISTER, maka verifikasi NIK belum bisa dilanjutkan.
Namun, khusus data nama lengkap, apabila perbedaan nama tidak signifikan (seperti nama belakang yang disingkat), maka proses verifikasi dapat dilanjutkan tanpa harus mengajukan PDD.
Contoh 1 - Perbedaan Penulisan Nama Nama yang Tercatat di SISTER: Alula Renita Sari
|
Contoh 2 - Perbedaan Nama Karena Adanya Gelar Nama yang tercatat di SISTER: Yulianda Armi, S.T., M.T.
|
Verifikasi NIK wajib dilakukan pada jam yang telah ditentukan. Apabila dilakukan di luar jam tersebut, maka akan muncul pesan eror seperti gambar di bawah ini.
Solusi:
Ajukan kembali verifikasi NIK pada pukul 06.00 - 20.00 WIB/07.00 - 21.00 WITA/08.00 - 22.00 WIT.
Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini apabila ada rincian data yang belum terisi.
Solusi:
Silakan lengkapi kolom rincian data yang masih kosong tersebut, kemudian klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”.
Anda akan menerima pesan eror berikut jika terjadi ketidaksesuaian data NIK atau Nama Ibu Kandung yang Anda masukkan dengan data di Dukcapil
Solusi:
Cek kembali penulisan NIK dan nama ibu kandung Anda, pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Jika merasa sudah memasukkan dengan tepat, silakan koordinasi dengan pihak Dukcapil untuk memeriksa data Anda yang tercatat di Dukcapil.
Data NIK yang Anda masukkan tidak ditemukan dan tidak sesuai dengan data di Dukcapil.
Solusi:
Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, jika ada kesalahan penulisan mohon perbaiki dan klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”. Apabila masih berkendala, mohon hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.
Jika sedang terjadi kendala sistem, maka Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini.
Solusi:
Harap menunggu dan coba lagi setelah beberapa saat. Jika masih berkendala, hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.
Ketika PTK memiliki ajuan PDD Profil/Kependudukan yang aktif kemudian klik Verifikasi NIK, akan muncul pesan konfirmasi yang menginformasikan jika PTK melanjutkan verifikasi NIK-nya, maka ajuan aktif tersebut akan otomatis berubah statusnya menjadi ditolak.
Comments
0 comments
Please sign in to leave a comment.