Daftar Isi

Headline.png

Catatan: Semua data yang ditampilkan pada panduan ini bukanlah data asli. Data yang ditampilkan hanya data contoh.

A. Terdapat Ketidaksesuaian Data Dukcapil dengan Data di SISTER

Picture1aad.png

Apabila rincian data nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir, atau jenis kelamin yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data di SISTER, maka verifikasi NIK belum bisa dilanjutkan. 

Namun, khusus data nama lengkap, apabila perbedaan nama tidak signifikan (seperti nama belakang yang disingkat), maka proses verifikasi dapat dilanjutkan tanpa harus mengajukan PDD.

Contoh 1 - Perbedaan Penulisan Nama

Nama yang Tercatat di SISTER: Alula Renita Sari

  • Jika Penulisan nama diubah menjadi Alula RS atau Alula Renita S, maka verifikasi dapat dilanjutkan.
  • Jika penulisan nama diubah menjadi Amanda Anggita, maka verifikasi tidak dapat dilanjutkan karena perbedaan yang signifikan. Cek data Anda di SISTER. Jika ternyata data di SISTER belum tepat, maka Anda perlu mengajukan perubahan data dosen (PDD) pada data yang belum tepat tersebut.

 

Contoh 2 - Perbedaan Nama Karena Adanya Gelar

Nama yang tercatat di SISTER: Yulianda Armi, S.T., M.T.
Nama pada KTP: Yulianda Armi

  • Jika nama Anda sudah otomatis terverifikasi di SISTER, maka verifikasi NIK dapat dilanjutkan.
  • Jika verifikasi NIK terkendala (seperti pada gambar di atas), maka Anda perlu menyamakan data Anda di SISTER dan Dukcapil dengan cara melakukan PDD di SISTER atau mengubah data di Dukcapil. Silakan pilih cara sesuai preferensi Anda.

 

B. Verifikasi di Luar Jam yang Ditentukan

Verifikasi NIK wajib dilakukan pada jam yang telah ditentukan. Apabila dilakukan di luar jam tersebut, maka akan muncul pesan eror seperti gambar di bawah ini.
Picture17A.png
Solusi:
Ajukan kembali verifikasi NIK pada pukul 06.00 - 20.00 WIB/07.00 - 21.00 WITA/08.00 - 22.00 WIT.

C. Rincian Data Belum Lengkap

Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini apabila ada rincian data yang belum terisi.
Picture18B.png
Solusi:
Silakan lengkapi kolom rincian data yang masih kosong tersebut, kemudian klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”.

D. Terdapat Ketidaksesuaian Data NIK atau Nama Ibu Kandung

Anda akan menerima pesan eror berikut jika terjadi ketidaksesuaian data NIK atau Nama Ibu Kandung yang Anda masukkan dengan data di Dukcapil

Picture20D.png

Solusi:
Cek kembali penulisan NIK dan nama ibu kandung Anda, pastikan tidak ada kesalahan penulisan. Jika merasa sudah memasukkan dengan tepat, silakan koordinasi dengan pihak Dukcapil untuk memeriksa data Anda yang tercatat di Dukcapil.

E. Data NIK Tidak Ditemukan

Data NIK yang Anda masukkan tidak ditemukan dan tidak sesuai dengan data di Dukcapil.

Picture22e.png
Solusi:
Pastikan tidak ada kesalahan penulisan, jika ada kesalahan penulisan mohon perbaiki dan klik kembali “Lanjutkan Verifikasi”. Apabila masih berkendala, mohon hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.

F. Kendala Sistem

Jika sedang terjadi kendala sistem, maka Anda akan menerima pesan eror seperti di bawah ini.
Picture23f.png
Solusi:
Harap menunggu dan coba lagi setelah beberapa saat. Jika masih berkendala, hubungi kami melalui tombol Pusat Bantuan.

G. PTK Memiliki Ajuan PDD Profil/Kependudukan yang Aktif

Ketika PTK memiliki ajuan PDD Profil/Kependudukan yang aktif kemudian klik Verifikasi NIK, akan muncul pesan konfirmasi yang menginformasikan jika PTK melanjutkan verifikasi NIK-nya, maka ajuan aktif tersebut akan otomatis berubah statusnya menjadi ditolak.

Kendala-Error5A.jpg

Previous
Next
32402966595353

Comments

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk