Pengajuan kenaikan jabatan akademik Dosen gelombang 2 melalui SISTER telah dibuka mulai 17 September - 10 Oktober 2024, khusus untuk kenaikan menjadi Lektor Kepala dan Guru Besar. Proses kenaikan jabatan tersebut akan diajukan oleh Operator PAK.
Apabila terdapat Dosen yang sebelumnya sudah diajukan di gelombang 1 namun hasil akhir penilaian dan hasil revisi “belum direkomendasikan”, maka Dosen yang bersangkutan dapat diajukan kembali pada kenaikan jabatan akademik Dosen gelombang 2. Operator PAK perlu membuat ajuan ulang dengan melengkapi kembali data dan dokumen Dosen yang bersangkutan, dikarenakan ajuan gelombang 1 sudah di-reset oleh sistem.
Terdapat beberapa tahapan pada alur kenaikan jabatan akademik di SISTER untuk Guru Besar mulai dari mengakses menu, memilih Dosen yang akan diajukan kenaikan jabatannya, dan data yang perlu dilengkapi.
Silakan klik tab di bawah ini sesuai informasi yang Anda cari.
- Login ke SISTER menggunakan akun Operator PAK
- Masuk ke menu “Kenaikan Karir Peralihan”.
- Pilih kenaikan jabatan “Guru Besar” dengan klik "Mulai Pengajuan".
- Kemudian Anda akan diarahkan ke laman pengajuan Kenaikan Jabatan. Pilih Periode Promosi GB 2024 - Pengusulan lalu klik “Mulai Pengajuan”.
Catatan: Jika periode belum dibuka, tombol pengajuan tidak aktif (berwarna abu abu).
- Pada laman Kenaikan Jabatan, tersedia 4 menu sesuai dengan alur pengajuan Kenaikan Jabatan berikut:
- Pemilihan Dosen (dilakukan pada menu Pilih Dosen)
- Melengkapi Dokumen Dosen (dilakukan pada menu Kelengkapan Dokumen)
- Penugasan (dilakukan pada menu Penugasan)
- Monitoring Ajuan (dilakukan pada menu Monitoring Ajuan)
Dosen yang muncul pada tabel kenaikan jabatan yaitu Dosen yang sudah memenuhi kriteria sebagai berikut:
Guru Besar
- Jabatan akademik terakhir Lektor Kepala
- Minimum S3
- Telah menempati jabatan akademik Lektor Kepala selama lebih dari 2 tahun
- BKD selama 4 semester terakhir telah Memenuhi (M)
- Telah menjadi dosen selama lebih dari 10 tahun sejak dalam jabatan akademik pertama (AA/L)
- Total KUM angka kredit memenuhi untuk naik jabatan menjadi Guru Besar
- Untuk Dosen yang baru lulus S3 maka dapat mengajukan kenaikan ke Guru Besar setelah lulus S3 lebih dari 3 tahun. Namun jika baru lulus S3 < dari 3 tahun dapat mengajukan jika memiliki publikasi JIB setelah selesai Doktor
- Untuk Dosen PNS, pangkat minimal IVA / IVB / IVC
- Tidak termasuk PPPK
Setelah mempelajari kriteria eligibilitas di atas, selanjutnya Anda dapat mulai memilih Dosen sesuai alur berikut:
- Pilih Dosen yang akan diajukan kenaikan pangkatnya berdasarkan tipe kepegawaian Dosen:
- Dosen PNS/PNS dengan JF Dosen
- Dosen Pegawai Tetap Perguruan Tinggi
- Anda dapat memilih satu per satu Dosen atau klik “Pilih Semua” untuk mengajukan kenaikan semua Dosen yang ada pada tabel. Jika sudah memilih Dosen, klik “Ajukan sebagai GB”.
- Setelah dilakukan pengajuan, akan muncul notifikasi pada kotak hijau sebagai tanda data ajuan berhasil dipilih. Nama Dosen yang dipilih dipindahkan ke tabel “Kelengkapan Dokumen”, untuk kemudian diproses pada tahap selanjutnya.
- Setelah memilih Dosen yang akan diajukan, selanjutnya Anda diarahkan ke tab Kelengkapan Dokumen. Tombol “Lengkapi Dokumen” akan muncul di kolom Tindakan. Silakan klik tombol tersebut agar dapat diarahkan ke laman pengisian kelengkapan dokumen.
Catatan: Jika ingin menghapus Dosen dari daftar pengajuan, Anda dapat klik icon tempat sampah, kemudian klik “Ya, Hapus” pada pesan konfirmasi yang muncul. Dosen yang dihapus dari daftar ini akan ditarik pengajuannya dan perlu diajukan ulang melalui menu Pilih Dosen.
- Di laman Kelengkapan Dokumen, Anda dapat melihat Data Dosen yang terdiri dari:
- Nama Peserta
- NIDN/NUPTK
- Jenis Dosen
- Jabatan
- Golongan/Ruang
- Rumpun Ilmu
- Kelengkapan Dokumen yang perlu dilengkapi terbagi menjadi 5 yaitu:
- Kelengkapan Profil
- Angka Kredit
- Syarat BKD
- Syarat Khusus
- Syarat Khusus Tambahan
- Dokumen Rekomendasi
Pada bagian kanan terdapat tanda X (berwarna merah) atau ✔ , yang bermakna sebagai berikut:
- X: Data atau dokumen pengajuan untuk bagian tersebut belum lengkap
- ✔: Data atau dokumen pengajuan untuk bagian tersebut sudah lengkap
Silakan klik “Lengkapi” untuk melengkapi tiap data dan dokumen persyaratan.
Data pada laman ini terbagi menjadi tiga yaitu:
-
Data Profil
Seluruh data profil diambil dari SISTER. Apabila ada data Dosen yang belum lengkap, harap untuk menghapus/tarik ajuan Dosen terkait di tab Kelengkapan Dokumen. Anda dapat kembali mengajukan kenaikan jabatan Dosen terkait jika data Dosen sudah dilengkapi dan diverifikasi melalui PDD. -
Pendidikan Terakhir
Pada Pendidikan Terakhir, terdapat data yang sudah otomatis terisi dari sistem dan yang diisi manual. Berikut data yang diisi manual: -
Ijazah Pendidikan Terakhir
Lampiran pada formulir ini tidak memperbarui Riwayat Pendidikan pada akun SISTER Dosen terkait. -
Disertasi/Thesis Pendidikan Terakhir
Lampirkan abstrak disertasi/thesis dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia
Data yang diunggah maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpeg, jpg, atau PNG.
Proposal Kenaikan
-
Mata Kuliah yang Diampu
Pilih maksimal 3 mata kuliah yang paling merepresentasikan keahlian Dosen. Jika Mata Kuliah yang Diampu tidak terdapat dalam daftar, Admin PT harus memeriksa di Neofeeder (di luar SISTER). Jika sudah terhubung silahkan untuk mencoba kembali -
Ranting Ilmu atau Kepakaran
Tuliskan ranting ilmu usulan sesuai dengan keputusan berita acara senat. Pastikan sesuai karena informasi ini akan tertera pada SK.
Jika sudah selesai melengkapi data, klik “Simpan”.
Apabila ada data Dosen yang belum lengkap, harap untuk menghapus/tarik ajuan Dosen terkait di tab Kelengkapan Dokumen. Anda dapat kembali mengajukan kenaikan jabatan Dosen terkait jika data Dosen sudah dilengkapi dan diverifikasi melalui PDD.
B. Angka Kredit
Laman ini akan menampilkan data angka kredit sebagai berikut:
PNS
-
AK Integrasi
Sudah terisi otomatis sesuai AK Integrasi yang terdata di SISTER. Jika kolom AK Integrasi masih kosong, maka pengajuan kenaikan jabatan Dosen terkait harus dihapus/ditarik. Silakan lakukan kembali pengajuan kenaikan jabatan Dosen terkait saat proses AK Integrasi Dosen sudah selesai dan sudah dikirim ke BKN. -
Predikat SKP 2023
Terisi sesuai dengan predikat yang telah dilengkapi Operator PAK saat mengajukan AK Konversi Dosen. Namun Anda masih dapat merubah predikat SKP 2023 di laman ini. -
Total AK
Hasil Angka Kredit Dosen yang otomatis terisi berdasarkan predikat SKP 2023 yang sebelumnya telah diisi oleh Operator PAK. -
Bukti Dukung PAK
Anda dapat menggunakan dokumen AK tooling (perangkat bantu AK Konversi) untuk melengkapi bukti dukung PAK. -
Dokumen SKP
Unggah Dokumen SKP 1 Tahun Sebelum dan Dokumen SKP 2 Tahun Sebelum dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png (maksimal 5 MB).
Non PNS
-
Input AK Total
Silakan ketik AK yang dimiliki secara manual -
Dokumen DUPAK & PAK
Unggah dokumen Daftar Usulan Penyesuaian atas Kenaikan Pangkat (DUPAK) dan PAK yang telah digabungkan menjadi 1 (satu) dokumen dengan format PDF.
C. Syarat BKD
Laman ini menampilkan hasil dari BKD mulai periode BKD 2021/2022 Genap sampai BKD 2023/2024 Ganjil. Jika BKD sudah memiliki hasil simpulan di SISTER, maka hasil simpulan akan tertera pada laman ini. Namun jika BKD belum dilakukan di SISTER, maka Anda perlu mengunggah Dokumen BKD sesuai periode yang perlu dilengkapi. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB.
Contoh BKD yang perlu dilengkapi:
Contoh BKD yang hasil simpulan sudah lengkap:
D. Syarat Khusus
Pada Syarat Khusus, Anda perlu melengkapi data berikut:
-
Tautan Profil Akun SINTA
Masukkan tautan akun profil SINTA terkait. -
Surat Pernyataan Pakta Integritas Karya Ilmiah Dosen
Silakan klik “Lihat Contoh” untuk melihat contoh format surat. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB. -
Surat Pakta Integritas Validasi Pimpinan PT
Silakan klik “Lihat Contoh” untuk melihat contoh format surat. Pastikan dokumen dalam format pdf, jpg, jpeg, atau png dengan ukuran maksimal 5 MB. -
Lampiran Karya Ilmiah
Lampirkan Karya Ilmiah dengan klik “Tarik Portofolio”. Karya Ilmiah yang dilampirkan wajib sesuai dengan syarat dan kondisi berikut:-
Syarat untuk Lektor Kepala ke Guru Besar
Melampirkan 1 karya ilmiah/artikel jurnal internasional sebagai penulis pertama. Terindeks Scopus (SJR >0.10) atau WoS Clarivate Analytics (JIF>0.05). -
Syarat Khusus (Wajib dilampirkan jika S3 kurang dari 3 tahun lalu)
Satu Karya Ilmiah atau Artikel Jurnal Internasional sebagai penulis pertama setelah S3.
-
Syarat untuk Lektor Kepala ke Guru Besar
Catatan Penting Mohon untuk memastikan data syarat khusus Dosen yang bersangkutan di SINTA sudah sesuai syarat untuk kenaikan Lektor Kepala ke Guru Besar di atas, karena sistem akan memeriksa kesesuaian data SINTA. Apabila tidak sesuai syarat maka akan otomatis mendapat pesan error dari sistem. |
Khusus Lampiran Karya Ilmiah
- Setelah klik “Tarik Portofolio”, Anda akan diarahkan ke laman Pilih Karya Ilmiah untuk memilih publikasi Dosen. Anda dapat melihat data riwayat publikasi karya Dosen terkait selama masa jabatan terakhir. Pastikan memilih publikasi yang sesuai dengan persyaratan pengajuan kenaikan jabatan. Portofolio yang dapat diklaim hanyalah yang bersumber dari akun SINTA dosen.
- Jika sudah memilih, klik “Selanjutnya”.
- Data Publikasi ada yang sudah otomatis terisi sesuai dengan data di sistem, namun ada juga data yang perlu dilengkapi secara manual. Berikut data yang perlu Anda lengkapi:
-
Tautan Web Jurnal
Masukkan tautan web jurnal dari Dosen terkait. -
Tautan Artikel di SINTA (Opsional)
Masukkan tautan artikel di SINTA jika ada. Tautan artikel SINTA yang dimaksud adalah indeks SINTA. -
Tautan Scimago Journal (Opsional)
Masukkan tautan SJR Anda. -
Tautan Scopus
Masukkan tautan Scopus Anda. -
Dokumen Artikel
Unggah file maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png. -
Dokumen Korespondensi
Unggah dokumen korespondensi seperti contoh yang disediakan. Untuk melihat contoh, klik tombol “Lihat Contoh”. File maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png. -
Dokumen Uji Kemiripan
Unggah dokumen Uji Kemiripan seperti contoh yang disediakan. Untuk melihat contoh, klik tombol “Lihat Contoh”. File maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.
Jika sudah mengunggah, klik “Simpan”.
-
Tautan Web Jurnal
- Setelah selesai melampirkan karya ilmiah, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini. Silakan klik “Simpan” untuk menyimpan keseluruhan data syarat khusus yang sudah dilengkapi. Atau klik "ikon hapus" jika ingin menghapus dan mengubah Lampiran Karya Ilmiah.
E. Syarat Khusus Tambahan
Dokumen Syarat Khusus Tambahan hanya tersedia di laman kenaikan jabatan untuk Guru Besar. Silakan lengkapi dengan cara berikut:
- Pilih kategori yang sesuai di antara:
-
- Pernah mendapatkan hibah penelitian kompetitif/penugasan tingkat daerah/ nasional/ kementerian/ internasional/ korporasi
- Pernah membimbing/bantu program doktor (di PT sendiri/ lain) dengan melampirkan bukti yang dibimbing telah lulus
- Pernah menguji sekurangnya 3 mahasiswa doktor dengan melampirkan bukti disertasi mahasiswa yang diuji
- Sebagai reviewer sekurangnya 3 jurnal internasional bereputasi yang berbeda
- Unggah dokumen dengan klik “Cari dokumen”. Dokumen yang diunggah maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png.
F. Dokumen Rekomendasi
Dokumen Rekomendasi perlu diunggah dengan ketentuan file maksimal berukuran 5 MB dengan format pdf, jpg, jpeg, atau png. Anda juga dapat melihat contoh dokumen dengan klik “Lihat Contoh”.
Berikut daftar dokumen rekomendasi yang perlu diunggah:
- Dokumen Kebutuhan dan Formasi Jabatan
- Pengantar PT/LLDIKTI/KL (sesuai format pengantar di PT masing-masing)
- Berita Acara Senat
- Berita Acara Komite Integritas Akademik
- Surat Pakta Integritas
Pastikan Anda memasukkan nomor surat dan tanggal surat pada masing-masing dokumen.
Jika sudah berhasil mengunggah semua file, klik “Simpan”.
Selanjutnya, berikut adalah tampilan laman Kelengkapan Dokumen untuk Kenaikan Jabatan jika seluruh dokumen yang diminta telah dilengkapi.
1. Anda dapat mengecek kembali kelengkapannya dengan klik “Periksa” pada masing-masing dokumen. Jika Anda ingin membatalkan ajuan, klik “Hapus Ajuan”
2. Selanjutnya klik “Kirim Permintaan Pengajuan” untuk mengirim detail ajuan ke Pimpinan PT.
3. Akan muncul pesan konfirmasi untuk mengirimkan ajuan. Pastikan ajuan telah sesuai untuk menghindari penolakan pada proses penilaian. Ajuan ini akan perlu disahkan oleh Pimpinan PT terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut.
4. Beri tanda centang yang menyatakan bahwa isian formulir dan dokumen telah sesuai
5. Klik “Kirim Ajuan”
6. Ajuan berhasil dikirim. Ajuan kenaikan jabatan akademik akan diperiksa oleh Pimpinan/Manajemen PT untuk pengesahan.
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pihak Perguruan Tinggi yaitu Pengesahan dari Pimpinan PT/Lembaga terkait. Panduan lengkap untuk kedua tahapan tersebut akan segera kami informasikan kepada Anda.
Comments
0 comments
Article is closed for comments.