Daftar Isi

Demi memperkuat keamanan dan menghindari penyalahgunaan akun SISTER oleh pihak lain, kini pembuatan akun SISTER Dosen wajib menggunakan email Dosen yang sudah dilengkapi oleh Admin PT. Proses melengkapi dan mengkoreksi email Dosen untuk pembuatan akun SISTER Dosen akan dilakukan oleh Admin PT melalui SISTER pada menu Dosen Non Akun.

Dosen yang belum memiliki akun SISTER terbagi menjadi 2 (dua) kondisi yaitu:

  1. Dosen lama yang belum pernah membuat akun SISTER
    Sebelumnya, Admin PT sudah pernah diarahkan untuk klarifikasi Dosen. Hasil dari klarifikasi Dosen tersebut untuk menentukan Dosen mana saja yang berstatus “Ada dan Aktif”. Dosen berstatus “Ada dan Aktif” tersebut perlu diarahkan untuk membuat akun SISTER dan Admin PT perlu melengkapi atau memperbarui email Dosen yang akan digunakan untuk registrasi akun SISTER.

  2. Dosen baru yang belum pernah membuat akun SISTER
    Email yang digunakan untuk membuat akun SISTER akan menyesuaikan dengan email yang dimasukkan Admin PT saat registrasi Dosen. Namun Admin PT masih dapat mengubah email Dosen apabila ada perubahan atau kesalahan email.

Berikut adalah alur untuk mengubah email Dosen yang belum memiliki akun SISTER oleh Admin PT:

1. Login ke SISTER melalui https://sister.kemdikbud.go.id/beranda dengan peran Admin PT.

Picture14das.png

2. Klik menu “Manajemen PTK” pada menu bar di sebelah kiri laman Dashboard SISTER.

Picture2cac.png

3. Klik “Lihat Daftar Dosen”.

Catatan: Kini menu Daftar Dosen yang sebelumnya tersedia pada Dashboard SISTER, sudah berpindah ke dalam menu Manajemen PTK. 

 

adsaf.png

4. Klik “Dosen Non Akun” untuk melihat daftar Dosen yang belum memiliki akun SISTER.

Picture16asav.png

5. Selanjutnya Admin PT diarahkan ke tabel yang berisi daftar Dosen belum memiliki akun SISTER. Admin PT perlu memeriksa dan melengkapi email Dosen untuk pembuatan akun SISTER. 

Catatan yang perlu diketahui Admin PT:

  1. Tombol “edit email” hanya muncul pada Dosen dengan status “Klarifikasi” yaitu “Ada, Aktif” atau ditandai ikon “-”.
  2. Status klarifikasi Dosen ditandai ikon  “-”  apabila Dosen yang bersangkutan merupakan Dosen baru atau belum diklarifikasi.
  3. Dosen dengan status “Tidak Ada” tidak dapat dilengkapi email-nya.

Silakan periksa email Dosen yang tertera dan pastikan email tersebut aktif dan dapat digunakan untuk Dosen registrasi akun SISTER. Apabila terdapat email yang salah atau ingin diperbarui, klik tombol edit email yang ditandai icon .

Picture17ww.png

6. Setelah klik tombol edit email, masukkan “Email Baru” Dosen terkait. Setelah itu klik “Update”.
Pastikan hal berikut saat memasukkan email baru:

a. Masukkan email aktif Dosen yang bersangkutan. Dimohon untuk tidak memasukkan email milik Dosen lain. Jika terdeteksi email yang di submit adalah email milik Dosen lain, akan muncul notifikasi validasi data seperti berikut.

Picture18kl.png

b. Masukkan email yang berbeda dengan “Email Lama”. Jika terdeteksi mencantumkan email lama, maka akan muncul notifikasi validasi berikut.

Picture19das.png

c. Email yang dimasukkan belum pernah terdaftar di SISTER.

Picture20casa.png

7. Setelah berhasil memperbarui email, maka email yang tertera di tabel akan berubah. Email yang tampil adalah email baru.

Picture21mk.png

8. Selanjutnya Admin PT dapat mengarahkan Dosen untuk segera membuat akun SISTER menggunakan email yang sudah tercatat di laman Dosen non Akun. Mohon untuk berkoordinasi dengan Dosen terkait.

 

Setelah Dosen memiliki akun SISTER, maka Dosen yang bersangkutan tidak akan muncul kembali pada tabel daftar Dosen non Akun.

 

FAQ

  • Pada laman Dosen non Akun, sudah ada alamat email Dosen yang tertera. Darimana sumber email tersebut?
    Email yang sudah tersedia tersebut diambil dari sistem PDDIKTI, saat Admin melakukan registrasi Dosen baru.

  • Bagaimana jika ada Perguruan Tinggi yang belum melakukan klarifikasi akun pada linimasa yang sebelumnya sudah ditentukan?
    Maka seluruh status klarifikasi Dosen akan ditandai ikon “-”. Silakan Admin PT untuk melengkapi atau memperbarui email Dosen yang masih aktif dan arahkan Dosen untuk membuat akun SISTER.

  • Apakah setelah penambahan email, akan ada email yang dikirimkan ke email dosen yang didaftarkan?
    Tidak ada email yang akan dikirimkan. Dosen & Admin PT dapat berkoordinasi secara terpisah jika prosesnya sudah selesai. Selanjutnya, Dosen bisa melanjutkan proses registrasi menggunakan NIDN/NITK/NUPTK dengan email yang sudah didaftarkan oleh Admin PT.

  • Apakah ada batasan maksimal edit email Dosen di laman Dosen non Akun?
    Tidak ada batasan. Admin PT dapat mengubah email jika email Dosen sudah tidak aktif, salah, atau ingin diperbarui.

  • Apakah edit email di menu Dosen non Akun perlu verifikasi dan validasi Pusat?
    Tidak, Admin PT dapat langsung mengubah email tersebut untuk pembuatan akun SISTER Dosen terkait.

  • Bagaimana jika Admin PT telah memperbaharui email Dosen pada tabel Dosen Non Akun, namun setelah dicoba kembali Dosen masih terkendala registrasi akun?
    Silakan melaporkan kendala tersebut melalui Pusat Bantuan dengan melampirkan tampilan email pada tabel dosen (menu Dosen Non Akun) serta screenshot kendala ketika Dosen melakukan registrasi. Tim kami akan segera melakukan pengecekan dan tindak lanjut.
Previous
Next
38203789517337

Comments

0 comments

Please sign in to leave a comment.

Powered by Zendesk